Pola Makan Vegetarian Bisa Diterapkan Pada Anak

vegetarian

vegetarian

 Makanan cepat saji telah menjadi makanan favorit di kalangan anak-anak. Karena rasanya gurih dan lezat. Namun para orang tua juga perlu membantu anak untuk mengurangi konsumsinya dan mengganti dengan makan sayuran.

Pola makan vegetarian akan memberikan manfaat untuk kesehatan anak-anak,. Misalnya dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Resiko ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan meningkatkan angka Body Mass Index (BMI) saat mereka dewasa.

Untuk menerapkannya bisa dimulai dengan menjelaskan dahulu kepada anak, bahwa sayuran yang dimakan sangat baik untuk kesehatan. Protein nabati pada diet vegetarian anak bisa diperkenalkan perlahan-lahan dengan mengganti menu daging dengan sayuran.

Makanan sumber protein yang bisa dipilih misalnya kacang-kacangan, telur, susu kedelai, tahu dan tempe. Jumlahnya harus mencukupi kebutuhan harian mereka. Sednagkan untuk sumber zat besi bisa diperoleh dari sereal, buah kering, sayuran hijau, atau jenis kacang-kacangan yang kaya sumber zat besi.

Untuk sumber kalsium bisa didapatsayuran seperti brokoli dan sayuran liannya. Vitamin D juga dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak seperti, sereal, kuning telur atau jus jeruk. Jangan lupa tambahkan asupan serat dari roti dan biji-bijian. Dengan pola diet vegetarian yang seimbang anak tetap sehat dan tumbuh kembangnya optimal.

Source: http://food.detik.com/read/2012/05/23/100810/1922489/900/pola-makan-vegetarian-bisa-diterapkan-pada-anak

Leave a comment

Filed under Culinary, Healthy

Leave a Reply :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s