Bagaimana Anak Belajar

smart baby

smart baby

Disadari atau tidak anak adalah seorang pembelajar yang aktif. Anak akan menyerap semua informasi yang datang padanya baik yang sengaja diberikan oleh orang disekitar anak maupun yang tidak sengaja datang ke anak. lalu bagaimana orang tua dan guru mengetahui kapan saat yang tepat untuk anak memperlajari suatu hal yang baru dan bagaimana cara membantu anak dalam perkembangannya. Menurut Hurlock (1978), seorang anak akan dapat belajar dengan baik dan menyerap informasi yang datang padanya jika anak tersebut sudah siap untuk menerimanya. Hurlock juga menyebutkan adanya tiga patokan yang dapat membantu menentukan kesiapan anak untuk belajar sesuatu, yaitu:

  1. Adanya perhatian terhadap sesuatu yang dipelajari.
  2. Minat yang berjalan terus dan menjadi semakin kuat.

  3. Hasil dari kegiatannya harus lebih baik karena belajar.

Dalam membantu anak untuk mempelajari kemampuan baru orang tua dan guru juga harus memperhatikanperkembangan anak. Sehingga pembelajaran yang diberikan sesuai untuk anak. Berikut prinsip-prinsip perkembangan anak yang dapat dijadikan pegangan oleh orang tua / guru dalam merancang pembelajaran untuk anak:

  • Anak akan belajar dengan baik jika dia merasa aman dan dihargai, serta terpenuhi kebutuhan fisiknya.
  • Aspek dalam perkembangan anak (fisik, sosial, emosi, kognitif) berhubungan satu sama lain. Perkembangan pada satu aspek akan mempengaruhi perkembangan pada aspek yang lain.
  • Anak adalah pembelajar yang aktif, di mana kemampuan, keterampilan dan pengetahuan yang datang kemudian dibangun oleh kemampuan, keterampilan dan pengetahuan sebelumnya.
  • Perkembangan anak muncul relatif secara berurutan walaupun proses perkembangan yang dilalui setiap anak bervariasi. Tiap anak adalah pribadi yang unik dengan pola dan waktu perkembangan masing-masing. Juga berbeda perkembangannya karena memiliki kepribadian, temperamen, cara belajar, latar belakang keluarga, dan pengalaman yang berbeda.
  • Pengalaman dini memiliki efek yang kumulatif, baik positif maupun negatif, pada setiap anak dan cenderung menetap. Jika pengalaman terjadi terus menerus maka akan menimbulkan efek yang sangat besar dan membekas seperti bola salju. Misalnya: pengalaman anak di ajarkan untuk disiplin akan membentuk karakter disiplin padanya yang akan terus tumbuh sampai dewasa.
  • Perkembangan dan karakter anak yang muncul dipengaruhi oleh latar belakang sosial dan budaya keluarga.
  • Perkembangan dan pendidikan dihasilkan dari interaksi antara kematangan biologis dan lingkungan, termasuk dunia sosial dan fisiknya.

  • Bermain adalah kendaraan yang sangat efektif dan penting untuk mencapai perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak, serta merupakan refleksi dari perkembangannya.
  • Perkembangan akan dicapai oleh anak jika mereka memiliki kesempatan untuk berlatih ketrampilan baru dan berpengalaman dengan tantangan yang teraih, yaitu tantangan yang masih dalam tingkat dapat dikuasainya.

  • Cara penggambaran dari apa yang telah diketahui dan dipelajari oleh anak satu sama lain akan berbeda.

Apa Manfaat Mengetahui Perkembangan Anak

Pendidikan Anak Usia Dini selain penting untuk anaknya sendiri juga penting untuk para orang tua. Hal ini dimaksudkan agar orang tua dapat membimbing dan mengarahkan anak dengan benar. Banyak orang yang mengatakan untuk mendidik anak tidak memerlukan pendidikan, karena ini merupakan naluri seorang ibu untuk mendidik anaknya. Pernyataan tersebut adalah salah.

Jika orang tua atau pendidik mengetahui tahapan-tahapan perkembangan anak dan bagaimana cara mendidik anak dengan benar maka orang tua dan pendidik akan memberikan pendidikan yang sesuai dengan tahapanya. Sehingga orang tua atau pendidik dapat mempersiapkan anak yang berkualitas.

Dengan mengetahui aspek-aspek perkembangan anak, orangtua dan pendidik bisa merancang dan memberikan rangsangan serta latihan agar keempat aspek tersebut berkembang secara seimbang.
Rangsangan atau latihan tidak bisa terfokus hanya pada satu atau sebagian aspek. Tentunya, rangsangan dan latihan tersebut diberikan dengan tetap memerhatikan kesiapan anak, bukan dengan paksaan.

Ada banyak hal yang dapat diperoleh oleh orang tua atau pendidik dengan memahami karakteristik anak, yaitu:

  • Mengetahui hal-hal yang dibutuhkan oleh anak, yang bermanfaat bagi perkembangannya.

  • Mengetahui tahapan-tahapan perkembangan anak, sehingga dapat memberuikan stimulus yang tepat untuk anak.

  • Mengetahui bagaimana membimbing proses belajar anak sesuai dengan kebutuhannya.
  • Mampu mengembangkan potensi anak secara optimal sesuai dengan kemampuannya.

Beberapa prinsip yang harus diperhatikan oleh orang tua atau pendidik dalam menerapkan pendidikan untuk anak, yaitu:

  • Berpusat pada anak. Artinya penerapan metode berdasarkan kebutuhan dan kondisi anak, bukan berdasarkan keiginan dan kemampuan pendidiknya. Dalam menerapkan metode pembelajaran anak diberi kesempatan untuk terlibat secara aktis baik fisik maupun mental.

  • Partisipasi aktif. Artinya penerapan metode belajar ditujukan untuk membangkitkan motivasi anak untuk turut berpartisipasi dalam proses belajar. Anak harus dijadikan sebagai subyek bukan obyek belajar. Sehingga anak sebagai pelaku utama dalam proses belajar mengajar, sedangkan pendidik sebagai pelayan dan pendamping utama yang bertugas membimbing serta menyalurkan kreativitasnya.
  • Kegiatan belajar harus menyeluruh dan terpadu, terkait bidang yang satu dengan bidang yang lain.
  • Fleksibel. Artinya metode belajar yang diterapkan tidak bersrtruktur sehingga anak belajar dengan cara yang ia suka bukan dengan cara yang pendidik suka, sehingga seorang pendidik harus kreatif dalam meberikan pengajaran kepada anak usia dini.
  • Memperhatikan perbedaan individual. Artinya tidak ada satu anakpun yang memiliki kesamaan. Sehingga pendidik dalam memberikan pembelajaran yang bervariasi serta memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih aktivitas belajar sesuai dengan minat mereka.

Jika perkembangan anak luput dari perhatian orangtua dan pendidik (tanpa arahan dan pendampingan orangtua), maka anak akan tumbuh seadanya sesuai dengan yang hadir dan menghampiri mereka. Oleh karena itu sebagai seorang pendidik dan orang tua sudah tugas kita untuk memberikan pembelajaran yang terbaik untuk anak-anak karena mereka adalah masa depan bangsa. Sebab, proses tumbuh kembang anak akan mempengaruhi kehidupan mereka pada masa mendatang.

 

Source: http://kidzsmile.info/2011/03/bagaimana-anak-belajar/

Leave a comment

Filed under Kidz n Mom

Leave a Reply :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s